Yuk Simak Suzuki Jimny Jangkrik Versi RC

Akhir kali bertemu dengan builder ahli radio control (RC) mobil offroad beraliran scale ini seputar tahun 2012 lampau.

Saat itu JIP pernah mengulas mengenai RC, parts serta aksesorisnya yang dibikin dengan cara hand made olehnya. Novianto Sinurat atau yang seringkali diketahui untuk NopTheBuilder dilapisan penggila RC scale Indonesia, mulai menyebarkan virusnya lagi.

Simak Juga : harga plat besi

Pernah membuat trend dengan bodi RC Jeep CJ7, Jeep TJ, G-Klasse, Suzuki Jimny trepes, Toyota Hilux rasio 1/10 memiliki bahan resin.

Kesempatan ini Om Nop, panggilan akrabnya mulai tinggalkan bahan baku resin.

Sekarang sedang asyik kerjakan project bodi Suzuki Jimny LJ80, atau bisa lebih diketahui dengan Jimny Jangkrik rasio 1/10 memiliki bahan besi! Sedikit flashback ke tahun 2012, waktu itu bodi LJ50 yang JIP melihat di workshop-nya masih berbentuk prototipe berbahan plastic, dibikin dengan 3D printer.

Baca Juga : plat bordes

RC Jimny Jangkrik
“Nanti akan saya ganti ke LJ80 serta memakai material plat besi” katanya waktu itu.

Sesudah 4 tahun berjalan, jadilah prototipe pertama LJ80Q kaleng, dimana masih ditangani dengan cara manual serta masih nampak kasar. “Belum perfect serta belum detil,” tutur Om Nop saat itu. Dimana lekukan pada kap mesin yang dipandang paling susah ditangani.

Pada akhirnya awal tahun 2018, JIP mendapatkan berita jika Om Nop telah mulai menghasilkan massal bodi Jimny LJ80 itu. Pernah diberi pertanyaan mengapa pilih LJ80 untuk dibuat bodi kaleng. “Sebab tingkat kesusahan dari bodi LJ80 lah jadi rintangan untuk saya,” celetuk Om Nop. Dengan bekal blue print, dan menghitung langsung rasio dimensi serta detil bodi dari mobil aslinya dilaksanakan Om Nop untuk memburu detil serta presisi hasil akhir dari bodi RC garapannya.

Memakai material plat galvanis ukuran tebal 0,4 mm didapatkan dari sampah sisa potongan-potongan yang bagus. Bahan ini didapatkan dari parts bodi mobil salah satunya ATPM, yang disulap jadi bodi LJ80 versus mini.

RC Jimny Jangkrik
Maksudnya untuk mendesak ongkos produksi dibandingkan dengan memakai plat galvanis baru. Proses pembikinannya juga memakai alat manual stamping dengan daya 60 ton hingga bertambah presisi.

READ  Saham Konstruksi Mengalami Penurunan Drastis

Artikel Terkait : plat strip

Bodi LJ80Q dibuat basic awal, agar gampang ditingkatkan oleh kastemer nanti. “Dari basic LJ80Q, dapat dengan gampang bila ingin dirubah jadi LJ80V atap fiber atau atap metal. Serta bodi parts penambahannya itu dibuat bermaterial plastik PVC.

RC Jimny Jangkrik
Kecuali bertambah gampang, kurangi berat bodi keseluruhnya” sambungnya. Tetapi yang bertambah asyiknya lagi, Om Nop terima custom request dari kastemer loh.

“Pemilik bebas berkreatifitas sesuai dengan hasrat, tidak terdiam dengan disain dari saya saja. Intinya buy what you need and built what you want” tutupnya.