Yuk Percantik Rumahmu dengan Ini

KEBUTUHAN pagar tidak hanya pada keamanan. Dalam mendatangkannya memerlukan faktor estetika satu rumah. Ke-2 peranan ini dapat searah seandainya dibuat dengan ciri-ciri serta keperluan pemilik rumah.

Dalam membuat bentuk pagar, faktor material jadi aspek terpenting yang tentukan nilai estetikanya. Ada banyak material inti yang sekarang ini banyak digunakan untuk bikin pagar seperti besi, bata, batu alam, serta kayu.

Material seperti stainles steel telah mulai dibiarkan sebab berbahan tidak dapat diproses jadi bentuk yang bermacam. Selain itu, bahan ini relatif tambah mahal dibanding material lain seperti besi serta kayu.

cat genteng

“Yang sekarang ini sedang trend serta banyak diterapkan ialah menggabungkan dua atau tiga material, seperti material kayu yang dipadukan dengan besi. Material kayu dibuat untuk dialek paling depan supaya nampak semakin alamiah, sedang besi cuma untuk penunjang material kayu supaya nampak kuat,” kata arsitek Yoshi Fajar Kresno.

Kreasi dengan menyatukan ke-2 bahan material ini dapat mendesak budget pengerjaan pagar. Bata, batako, roster, beton aerasi, serta konblok adalah contoh-contoh material cetakan yang dapat diproses jadi pagar.

Umumnya bata tetap dibuat material fundamen pengerjaan pagar yang berupa dinding. Banyak orang melapisi dinding pagar bata dengan cat atau semen. Tetapi, sekarang banyak yang malah menunjukkan bata itu.

“Jika ingin dibeber, bata harus dilapis dengan cat batu alam yang akan melindunginya dari lumut. Untuk mengirit budget, jika dinding pagar tidak ingin dibeber, dapat mengubah bata dengan batako,” ucap Yoshi.

Kecuali harga untuk bikin 1 mtr. persegi luasan dinding batako tambah murah dibanding memakai bata, waktu pembuatan dinding pagar semakin lebih cepat serta semakin dapat mendesak budget.

Kecuali memakai bata serta batako, roster atau bata kerang dapat juga jadi pilihan material pagar. Keunggulan material ini ialah dinding pagar yang terjaga dari roster tidak semuanya tertutup sebab permukaan roster berlubang. (Baca: India Bentrokan dengan China, Rusia Mempercepat Pengiriman S-400 ke New Delhi)

“Kunci penting penggunaan roster untuk pagar ialah bagaimana pilih corak roster serta membuatnya sampai terlihat menarik. Bila roster cuma diatur seperti membuat bata kemungkinan penampilannya akan biasa saja,” tegasnya.

READ  Bunuh Virus di Rumah dengan Rekomendasi Cat dan Pelapis Ini Yuk

Material pagar yang sering jadi favorite serta dihandalkan ialah besi. Ada banyak nilai plus yang membuat besi banyak digunakan untuk pagar, diantaranya ketahanan yang tinggi pada cuaca.

cat besi

“Persoalan yang seringkali diketemukan pada pagar besi ialah sisi cat yang terkelupas serta sirna. Tetapi selain itu, besi gampang dibuat sesuai keperluan design,” kata Yoshi. (Simak juga: Cita Rasa Dessert Dalam Satu cangkir Kopi)

Disamping itu, pagar yang dibuat bermaterial besi masih dapat dijangkau. Harga pagar besi biasanya sekitar Rp500 ribu sampai Rp 1 juta-an per mtr. dengan ketinggian tidak lebih dari pada 1 mtr..

Bukan hanya besi, pagar dengan materia kayu nampaknya tengah digemari. Tetapi, pemakaian kayu kompak asli sekarang ini telah mulai dibiarkan mengingat material ini ciri-khasnya tidak tahan pada cuaca.

Pilihan pemakaian kayu dapat menggunakan bahan tiruan, baik yang kayunya cuma jadi pelapis atas atau serta yang benar-benar tidak mempunyai faktor kayu tapi berpenampilan benar-benar seperti kayu.

“Pada pagar yang dibuat dari kayu atau besi yang memiliki motif kayu, penempatannya diatur vertikal serta dikasih penunjang tangkai yang ditempatkan dengan cara horizontal supaya kayu atau besi dapat meredam tekukan vertikal,” sambungnya. (Aprilia S Andyna)

Panduan n Trick supaya Pagar Tidak Berkarat

1. Sikat sisi logam (besi) yang berkarat, selanjutnya amplas sampai sisi itu betul-betul bersih.

2. Jika pada permukaan besi masih ada kotoran, debu, serta minyak, karena itu dapat membersihkannya dengan memakai kain lap kering. (Melihat videonya: Ramai! Pemuda di Lombok Nikahi Dua Gadis Sekaligus)

3. Mengoles kembali lagi pagar dengan memakai cat besi yang memiliki kandungan antikarat.

4. Terapkan juga cat finis supaya nampak mengkilap lagi.