Yuk Intip Tips Bangun Rumah Bermodal Rp50 Juta

Bukan satu rahasia kembali membuat dan beli property, khususnya rumah tapak, sekarang ini benar-benar kuras kantong. Lantas, bagaimana rupanya ada strategi untuk membuat rumah cuman dengan modal Rp50 juta saja?

Mencuplik infografis dari account twitter sah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), bukan satu mimpi kembali membuat rumah berbekal dana yang tidak besar, yakni dengan sistem Risha atau rumah instant simpel sehat.

Risha adalah ide pembuatan rumah pengembangan Pulitbang Perumahan dan Pemukiman Kementerian PUPR. Risha dibuat memakai ide knock down atau modular yang proses pembangunannya tidak memerlukan semen dan bata, tetapi dengan menyatukan panel-panel beton dengan baut.

Maka dari itu, pembuatan rumah ini bisa dituntaskan dengan waktu jauh bisa lebih cepat dan mekanisme Risha dikenal juga selaku rumah anti gempa cukup dengan memakai modal sebesar Rp50 juta untuk type 33.

Simak Juga : ukuran batako

Keterjangkauan harga Risha karena pemakaian bahan material Risha dengan precast yang dibikin langsung oleh semasing aplikasi di workshop.

Disamping itu, elemen intinya yang disebut panel beton dan baut mempunyai harga yang lebih dapat dijangkau dan tidak naik-turun bila dibanding dengan bata dan semen biasanya.

Selaku bahan perbedaan, harga panel Risha terdiri dari,

Elemen P1 pada harga Rp110.000 per mtr. persegi,

Elemen P2 pada harga Rp100.000 per mtr. persegi,

Elemen P3 pada harga Rp90.000 per mtr. persegi, panel dinding pada harga Rp160.000 per mtr. persegi, dan panel kusen pada harga Rp50.000 per mtr. persegi.

Sesaat, harga batu bata enteng hebel mempunyai harga Rp750.000 per mtr. kubik, Harga batu bata enteng sama ukuran 10x20x60 cm mempunyai harga Rp10.000 per biji. Belum ditambahkan ongkos semen.

Tentang hal, untuk membuat dengan mekanisme risha memakai satu modul yang memiliki ukuran 3 x 3m.

PUPR memberikan contoh tiap elemen risha bisa dibuat pada harga lebih kurang Rp4,16 juta, sebab satu modul memiliki ukuran 3 x3 itu terbagi dalam 24 buah elemen P1, 8 panel P2, dan 8 panel P3, sedang untuk pembangunan satu rumah dengan type 33 rincian ongkos sebagai berikut:

READ  Yuk Cari Tahu Atasii Atap Dak Beton Bebas Masalah

– Panel susunan (kombinasi P1, P2, dan P3) selebar 142 m2 hingga keseluruhannya seputar Rp14,2 juta

Baca Juga : harga batako

– Panel Dinding dengan luas 44 m2 mempunyai keseluruhan Rp7,04 juta

– Panel Kusen dengan luas yang serupa yakni 44 m2 mempunyai keseluruhan Rp2 juta

– Pendamping, atap, kaca, pintu, sanitair, dan sebagainya lebih kurang Rp24 juta.

Karena itu, Rp14,2 juta + Rp7,04 juta + Rp2 juta + Rp24 juta = Rp47,24 juta, telah memperoleh rumah dengan type 33.

Maka dari itu, tidak lagi ada fakta tidak untuk mempunyai rumah.