Yuk Intip Komposisi Baja Ringan Yang Bikin Tahan Cuaca

Salah satunya bahan kerangka atap yang dapat Anda pilih sekarang ini ialah baja ringan yang memiliki kemampuan hamper 2x lipat dari baja konservatif, tetapi mudah.

Atap satu bangunan bisa berdiri dengan kuat sebab dibantu oleh rangka atap yang terbagi dalam kuda-kuda, gording, serta usuk/kasau. Bahan material susunan ini pada umunya memakai bahan kayu atau baja.

Sekarang ini ada material alternative untuk rangka atap yang dibuat dari baja. Tapi material baru ini bukanlah baja konservatif yang bertambah diketahui dengan baja profile WF atau profile siku.

Simak Juga :  Atap baja ringan

Baja baru ini disebutkan baja ringan. Apa perbedaannya baja ringan ini dengan baja biasa? Menurut Martha L. Aswini (Pemasaran Manajer BlueScope Lysaght—produsen baja ringan Smartruss), baja ringan ialah baja yang dibuat dari baja CRC (cold rolled coil).

Sebab beratnya mudah, karena itu dia disebutkan baja ringan. Tetapi jangan salah, sekalinya beratnya mudah, kekuatannya melewati baja konservatif.
Baja tipe ini memiliki kuat tarik (tensile strength) sebesar 550 MPa (5500 kg/cm2).

Sedang baja konservatif memiliki kuat tarik cuma sebesar 240 Mpa. Sebab memiliki kuat tarik 550 Mpa ini karena itu baja ringan disebutkan dengan baja Hi-Ten G550. Permasalahan yang seringkali dirasakan baja konservatif ialah karat.

Disini letak keunggulan baja ringan ini. Supaya bertambah tahan pada cuaca, baja ringan dilapis bahan antikarat.

Bahan pelapis ini dapat berbagai macam, ada yang berbentuk bahan galvanis (seng) atau bahan kombinasi di antara aluminium, seng, serta silikon.

Baca Juga : kuda kuda baja ringan

Kombinasi ke-3 bahan itu disebutkan dengan zincalume yang mempunyai formasi 55% aluminium, 43,5% seng, serta 1,5% silicon alloy.

Hasil formasi ini membuahkan bahan yang kuat tetapi tahan pada gempuran karat.

Formasi ini dipatenkan oleh BlueScope Steel, produsen baja ringan lapis dengan brand Zincalume supaya tidak dipakai oleh produsen lain.

Jika ada produsen yang lain akan memakai harus memperoleh lisensi dahulu dari BlueScope Steel.

Zincalume yang dipakai oleh BlueScope Steel ini sebenarnya bukan bahan fundamen baja ringan, tetapi cuma untuk pelapis.

READ  Apartemen Mungil Nuansa Biru Kobalt Bikin Makin Tampak Luar Biasa

Bahan intinya ialah baja CRC sama seperti yang sudah disebut di atas.