Yuk Intip Harga Pohon Mahoni di Pasaran

Ada 191 pohon, termasuk juga mahoni, yang ditebang waktu proses revitalisasi Monas belum tahu kehadirannya. Mahoni dipandang seperti salah satunya pohon berharga ekonomi, ditambah lagi bila telah diproses. Berapakah harga pohon mahoni di pasar?

Seperti diambil dari situs Perhutani, mahoni termasuk juga pohon besar dengan tinggi pohon capai 35-40 m serta diameter capai 125 cm. Tangkai lurus berupa silindris serta tidak berbanir. Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedang kulit tangkai berwarna abu-abu serta halus saat muda, menjadi cokelat tua, beralur serta terkelupas sesudah tua.

Mahoni baru berbunga sesudah berusia 7 tahun, mahkota bunganya silindris serta kuning kecoklatan. Sedang buahnya buah kotak, bundar telur, berlekuk lima, berwarna cokelat. Mahoni bisa diketemukan tumbuh liar di rimba jati serta beberapa tempat lain yang dekat sama pantai, atau ditanam di pinggir jalan untuk pohon pelindung.

Disamping itu, pohon mahoni ini rupanya mempunyai peranan kurangi pencemaran udara seputar 47%-69% hingga seringkali dikatakan sebagai pohon pelindung sekaligus juga penyaring udara serta wilayah tangkapan air.

Artikel Terkit : hargakayu papan

Daun-daunnya dapat menghisap polutan-polutan di sekelilingnya. Sebaliknya, dedaunan itu akan melepas oksigen (O2) yang membuat udara di sekelilingnya jadi fresh.

Disamping itu, saat telah diproses jadi kayu, mahoni juga punyai nilai ekonomi tinggi. Harga juga beragam. Rerata harga di toko Perhutani, kayu gelondongan mahoni atau log kayu mahoni dengan diameter 16-19 cm harga dapat capai Rp 600.000/m³. Sedang log kayu mahoni diameter 22,25,28 cm dapat capai Rp 1.200.000/m³. Sesaat log kayu mahoni diameter 30-49 cm harga Rp 1.500.000/m³ sampai Rp 2.000.000/m³.

detikcom mencari harga kayu mahoni yang telah diproses jadi kayu papan di beberapa toko online, harga per 2 mtr. dapat bisa sekitar di antara Rp 2 juta sampai Rp 3 juta. Mahoni sejauh ini juga lama digunakan untuk bahan baku penting mebel ciri khas Jepara kecuali kayu jati. Kayu mahoni rerata digunakan untuk mebel mode classic yang umumnya di-export ke Eropa serta Amerika Serikat (AS).

READ  Pilihan Terbaik Harga Cat Tembok Murah Dan Berkualitas

Awalnya diketahui, semenjak Rabu (5/2), tagar #MisteriPohonMahoni ada sebab netizen bertanya-tanya masalah kehadiran 191 pohon yang ditebang untuk project revitalisasi Monas. Kasi Info UPT Monas Irfal Guci juga menerangkan beberapa pohon mahoni yang ditebang itu sekarang ada di gudang Suku Dinas (Sudin) Kehutanan Jakarta.

Kepala UPK Monas Isa Sanuri akui cuma mengurus pohon yang telah tiba. Ia merekomendasikan supaya menanyakan langsung ke Dinas Pertamanan serta Rimba Kota. Sedang Kepala Dinas Pertamanan serta Rimba Kota Suzi Marsitawati malah menyebutkan UPK Monas semakin tahu masalah pohon Mahoni ini.

Simak juga:
Pemprov DKI Jawab #MisteriPohonMahoni di Monas yang Lagi Viral

Disamping itu, Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruangan, serta Pertanahan Heru Hermawanto sebagai penanggung jawab project, menyebutkan pemantauan masalah pohon yang ditebang ada di Dinas Pertamanan serta Rimba Kota. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga melempar jawaban itu pada UPK Monas serta Dinas Pertamanan serta Rimba Kota.

“Kehutanan saja sama UPK. Itu tehnis,” sebut Anies pada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta.

Sampai sekarang, keberadaaan pohon mahoni punyai nilai ekonomi itu masih mirakel.