Tips Membangun Rumah Sendiri Yang Benar

Mempunyai hunian sendiri merupakan dambaan bagi banyak orang. Tak heran bila setiap tahunnya ada banyak rumah yang terjual. Jika tidak ingin membeli dari pengembang, pilihannya bisa membangun rumah sendiri.
Ada beberapa keunggulan jika memilih bangun rumah sendiri. Seperti bisa menyesuaikan desain sesuai dengan kebutuhan dan keinginan hingga biaya pembelian material yang bisa dikontrol dan disesuaikan.

Kendati begitu kita perlu mengetahui beberapa hal supaya bisa membangun rumah dengan biaya yang tidak terlalu banyak. Ada trik jika ingin hemat dalam membangun rumah sendiri. Berikut adalah tips yang bisa Anda simak.

Buat Perencanaan Pembangunan

Pertama-tama rencanakan pembangunan rumah. Mulai dari dana, ukuran bangunan hingga target waktu pembangunan. Tujuannya supaya dapat dijadikan pengendali jika terjadi penyimpangan selama proses pembangunan.

Desain Tipe Minimalis

Saat ini rumah dengan desain minimalis banyak diminati masyarakat. Walaupun minimalis, tampilannya tetap bisa menarik hati. Selain itu desain rumah ini juga lebih efisien dalam hal pemakaian bahan bangunan, tanpa mengurangi unsur modern. Sebagai referensi Anda bisa mencari contoh desain rumah minimalis di internet yang gratis.

Tentukan Bentuk Bangunan

Bentuk bangunan berhubungan dengan tingkat kesulitan pembangunan dan kebutuhan bahan bangunan. Oleh karenanya pertimbangkan hal ini. Bangunan yang berbentuk persegi atau persegi panjang cenderung lebih mudah dan lebih hemat dibandingkan rumah dengan bentuk segitiga atau bersudut lainnya.

Riset Harga Bahan Bangunan

Yang tak kalah penting untuk Anda lakukan adalah riset harga material bangunan. Anda bisa bertanya dari satu toko ke toko bangunan lainnya seputar harga bahan bangunan di toko tersebut. Setelah itu bandingkan dan pilih yang menurut Anda terjangkau namun tetap berkualitas.

Pilih Juru Bangunan yang Tepat

Hal lain yang patut menjadi perhatian adalah memilih jasa juru bangunan atau tukang sebagai pelaksana pembangunan. Sebab biasanya biaya jasa tukang cukup besar. Oleh karenanya pilh yang benar-benar ahli di bidangnya dan mempunyai reputasi yang baik. Sehingga pekerjaan pembangunan bisa lebih efisien.

Bangun Secara Bertahap

Jika ingin membangun rumah sendiri, Anda bisa memulainya secara bertahap. Misalnya memulai dari pembuatan fondasi, pendirian bangunan hingga pemasangan atap. Anda bisa menyesuaikannya dengan ketersediaan dana saat itu. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus pada setiap tahapnya. Selain itu dana yang dikeluarkan juga lebih mudah untuk dipantau.

READ  Fungsi Pipa Galvanis, Pahami Sebelum Beli

Itulah tips membangun rumah sendiri. Anda bisa mencari referensi lain mengenai tips membangun rumah sendiri agar pelaksanaan pembangunan nantinya bisa lancar tanpa kendala.