Pipa PVC Bisa Dimanfaatkan untuk Filter Air, Ini Caranya

Sumber air memang gampang diketemukan, tetapi banyak yang telah terkontaminasi oleh beberapa unsur. Mengakibatkan, untuk seorang yang memerlukan air, Anda perlu menyaringnya untuk memperoleh kualitas yang lebih bagus. Skema filtrasi sangat mungkin air tinggalkan kandungan-kandungan jeleknya, seperti muatan kapur atau bakteri yang menyertainya.

Bila Anda tidak menyaringnya, akan memungkinkan Anda akan tercemar dengan kuman, bakteri, serta virus, yang dapat menggempur skema imun badan. Bakteri e.coli contohnya, seringkali mengakibatkan banyak laporan diare, khususnya di teritori bantaran sungai, dimana situasi airnya benar-benar memprihatinkan.

Bakteri lain seperti Salmonella rawan bersatu di air. Bila Anda konsumsi air yang tercemar, efek kesehatan akan menulari badan Anda, diantaranya demam tinggi berkepanjangan. Karena itu, Anda perlu lakukan penyaringan air. Memfilter air tidak harus memakai alat hebat. Anda dapat manfaatkan benda di seputar rumah seperti pipa pvc.

Berikut langkah membuat filter air dari pipa pvc yang gampang serta ringkas.

Kerjakan Persiapan
Sebelum lakukan suatu hal, Anda perlu mempersiapkan bahan-bahannya. Untuk bikin saringan simpel, Anda perlu mempersiapkan 1 mtr. selang air, pipa pvc 5 dim, 75 cm pipa pvc 3 dim, 80 cm pipa pvc ½ dim, 4 dop paralon 3 dim, 2 dop paralon ½ dim, serta 5 buah L-½ dim. Selanjutnya, 1 ember pasir, 2 kapas filter akuarium, serta 1 ember batu kerikil. Sesudah semua bahan terkumpul, Anda dapat mengawali membuat filter simpel.

Membuat Filter dari Pipa
Ikuti beberapa langkah di bawah ini untuk bikin filter dari pipa.

  1. Langkah awal, potong pipa 3 dim jadi dua sisi yang sama. Semasing potongan pipa harus mempunyai panjang 44 cm serta 37 cm.
  2. Selanjutnya, lubangilah semasing pipa 5 dim yang akan dibuat sisi alas dengan ukuran pipa ½ dim dengan tinggi 12 cm.
  3. Kemudian, potong pipa ½ dim sampai jadi empat sisi yang sama memiliki ukuran 10 cm. Semasing potongan pipa dipakai untuk inlet, outlet, serta dua sisi dalam pipa 5 dim.
  4. rekatkan pipa yang telah jadi sisi outlet dengan L serta pipa 10 cm yang sudah dikasih lubang kecil-kecil. Lalu, pasang dop ½ dim pada ujung pipa ½. Bila rekatannya telah kuat, pasang serangkaian pada pipa 5 dim yang mempunyai ukuran semakin pendek.
  5. Pakai lem yang telah disediakan awalnya untuk bikin rekatan supaya makin kuat
  6. Lekatkan dop 5 dim di bagian bawah semasing pipa 5 dim. Untuk merekatkannya, Anda dapat memakai lem pvc.
  7. Lubangi ke-2 dop 5 dim yang belum dipasang seukuran pipa ½ dim
  8. Kemudian, Anda dapat mengawali membuat pipa untuk penghubung di antara pipa 5 dim panjang serta pipa 5 dim pendek.
  9. Filter pipa pvc Anda sudah jadi.
READ  Tips Memasang Keran Baru untuk Dapur Rumah

Anda dapat mengisinya dengan filtrat untuk memperoleh hasil air yang optimal. Tidak perlu filtrat kimia, Anda bisa memakai bahan alami yang telah Anda siapkan awalnya. Media pasir, batu kerikil, serta kapas dapat menghalangi senyawa negatif yang berada di di air dengan mengendapkannya, sebelum pada akhirnya membuahkan air dengan kualitas yang lebih bagus.