Perhatikan Ini Saat Mendesain Pondasi Rumah yang Kuat

Mendesain satu rumah mimpi pasti harus punyai arah untuk memberi kenyamanan ke penghuninya.

Kecuali tenteram, rumah sebaiknya aman, dalam pengertian bangunan itu kuat, sekurang-kurangnya susunan yang dipakai tidak gampang hancur apa lagi ambruk karena konstruksi yang tidak kuat.

Untuk mengakali dalam membuat rumah dengan ide dan design yang betul, ada banyak factor yang perlu jadi perhatian supaya bangunan tempat tinggal Anda aman, tenteram, dan bertahan lama supaya tidak ambruk.

Simak Juga : ukuran bata merah

“Yang khusus sekali supaya bangunan ambruk itu karena secara konstruksi ia tidak pas, atau mungkin tidak sama, perhitungan desainya tidak betul, sampai secara program tidak betul dalam pengertian pengurangan bahan baku untuk penghematan,” hebat Arsitek dan Urbandesigner Sigit Kusumawijaya waktu dikontak Indozone, Rabu (3/1/2020).
Sigit menerangkan penyeleksian tipe material yang dipakai, tipe design rumah, konstruksi yang ditangani, dan situasi keadaan jadi beberapa faktor yang perlu jadi perhatian.

Baca Juga : pondasi batu kali

Untuk tipe fondasi rumah, Sigit memberikan panduan bagaimana kita harus menyimak situasi dan kondisi tanah yang kita bangun.

“Untuk rumah ya disaksikan dahulu ingin bangun berapakah lantai, itu semuanya wajib dihitung, kembali lagi fondasi ada hubungan dengan tipe tanah. Jika tanah lumayan keras, fondasi batu kali cukup, jika pengin lebih kuat fondasi beton, atau cakar ayam. Nah, jika tanahnya benyek sisa rawa, sisa sampah, sampai tanah gambut itu harus fondasi pancang atau paku bumi,” ujarnya.

READ  Yuk Intip Teknik Airbrush pada Layangan 'Celepuk'