Perabotan Ini Menyimpan Kimia yang Beracun

Bukan hanya muatan kimia pada beberapa produk pencuci, perlengkapan di dalam rumah juga rupanya tidak terlepas dari muatan zat kimia beracun yang bisa mencelakakan badan. Berikut beberapa perlengkapan di dalam rumah yang mengandung kimia beracun yang penting diingat.

1. Tempat Makan Plastik
Tempat makan plastik umumnya memiliki kandungan phthalates yang bermanfaat untuk bikin plastik bertambah lebih fleksibel. Tetapi phthalates adalah salah satunya zat kimia beracun yang bawa efek jelek buat kesehatan. Phthalates bisa mengakibatkan masalah reproduksi pada manusia sebab muatan kimianya yang bisa kurangi produksi hormon badan. Disamping itu phthalates mempunyai efek jelek yang lain seperti menyebabkan tekanan darah tinggi, menyebabkan asma, dan mengakibatkan rinitis (radang selaput hidung) pada beberapa anak.

2. Botol Minum Plastik
Botol minum yang dibuat dari plastik umumnya memiliki kandungan zat kimia beracun Bisphenol A (BPA). BPA dipandang beresiko sebab dapat mengganggu peranan endokrin (Menghasilkan hormon yang berperanan dalam mengendalikan peranan semua organ badan). Endokrin mempunyai fungsi cukup utama di dalam perkembangan, perubahan, metabolisme badan, penataan situasi hati, dan terkait erat dengan peranan reproduksi.

The National Institutes of Health, The European Food Safety Authority, serta World Health Organization (WHO) yakini jika BPA tidak selama-lamanya beresiko buat dewasa, tetapi memunculkan efek yang serius buat bayi serta beberapa anak.Karenanya, semenjak tahun 2012, Food and Drug Administration (FDA) larang pemakaian BPA pada wadah makan dan minum yang dipakai pada bayi. Serta di bulan Juli 2013, FDA larang keras pemakaian BPA pada paket susu formula serta makanan bayi.
Melamin dengan code BPA Free, PP serta code angka 5 adalah wadah yang aman untuk dipakai.

3. Perlengkapan Rumah Tangga dengan Bahan Fundamen Melamin
Melamin adalah produk rumah tangga yang seringkali kita jumpai berbentuk piring, mangkok, serta gelas. Produk melamin banyak disenangi sebab ukurannya yang mudah serta tidak gampang pecah. Tetapi melamin memiliki kandungan zat kimia beresiko namanya Resin Melamin Formaldehida yang bisa dengan gampang alami peralihan reaksi kimia bila makanan atau minuman yang ditempatkan pada wadah melamin pada kondisi panas di atas 50 derajat celcius.

READ  Trik Mengubah Tampilan Lemari Pakaian Supaya Lebih Menarik

Pemakaian melamin dalam temperatur panas itu bisa mengakibatkan timbulnya beberapa jenis penyakit seperti pengendapan batu ginjal, masalah aliran pencernaan, kerusakan peranan mata, telinga, pernapasan dan bisa mengakibatkan infeksi pada peranan hati.

4. Karpet Plastik
Karpet plastik yang ramai dipakai sekarang ini adalah pilihan beberapa orang untuk lengkapi interior rumah. Tetapi satu hasil penelitian mengutarakan jika karpet yang dibuat berbahan plastik itu mempunyai muatan bahan kimia yang berefek buat kesehatan, yaitu: Phthalate, Bisphenol A (BPA), dan Perfluorooctanoic Acid (PFOA) yakni zat kimia yang bisa menyebabkan penyakit tiroid atau kanker.

5. Sofa serta Kasur Tahan Api
Sekarang ini banyak produk furniture yang memakai bahan kimia tahan api (flame retardant). Bahan kimia tahan api itu biasanya memiliki kandungan Polybrominated Diphenyl Ethers (PBDEs) yaitu senyawa umum yang dipakai dalam membuat bermacam beberapa bahan tahan api seperti tekstil, baju, paket botol, pembungkus kabel, karpet, furniture, dll. PBDEs benar-benar gampang untuk bermigrasi dari furniture ke udara, debu, serta masuk di badan lewat makanan atau tangan. Dampak jelek yang didapat dari PBDEs diantaranya mengganggu produksi hormon, turunkan kepandaian, dan bisa menyebabkan munculnya kanker.