Ini Dia Kelebihan Pondasi Cakar Ayam Asli Indonesia

Fondasi cakar ayam sangat populer serta dipakai di beberapa konstruksi, tidak cuma di negeri tetapi sampai ke luar negeri sebab banyak kelebihannya. Sudah mengetahui?

Kenyataannya, rupanya banyak yang belum ketahui riwayat, kelebihan, dan kekurangan inspirasi fondasi asli Indonesia ini.

Menurut kabar yang dimuat Kompas.com, fondasi cakar ayam diketemukan oleh salah satunya tokoh insinyur sipil Indonesia, Prof. Ir. Sedyatmo Dr HC, pada kira-kira tahun 1974.

Simak Juga :pondasi cakar ayam

Di saat itu, Ir. Sedyatmo menggagas fondasi cakar ayam untuk mengakali persoalan tanah yang lembek untuk gelaran Asian Games.

Rupanya, ide fondasi ini jadi satu jalan keluar yang tepat serta berguna untuk banyak project konstruksi di beberapa penjuru dunia.

Supaya kita dapat semakin berbangga diri pada produk asli Indonesia ini, yuk kita telisik semakin jauh beberapa kelebihan dan kekurangan fondasi ini.

Berikut kelebihan serta kekurangan fondasi cakar ayam asli Indonesia:

Kelebihan serta Kekurangan Fondasi Cakar Ayam Asli Indonesia
Kelebihan Fondasi Cakar Ayam
Bangsa Indonesia harus mengucapkan terima kasih pada Ir. Sedyatmo atas gagasannya tentang fondasi cakar ayam ini sebab rupanya mempunyai banyak faedah buat konstruksi.

Beberapa kelebihan fondasi ini salah satunya ialah:

1. Dapat Dibuat di Atas Tanah yang Kurang Kuat
fondasi ceker ayam

Seperti arah awalannya, fondasi cakar ayam memang diutamakan untuk menyokong pembangunan yang ada di teritori dengan tanah kurang kuat.

Artikel Terkait : pondasi tiang pancang

Serta, dengan pendayagunaan fondasi ini, project konstruksi masih bisa digerakkan walau situasi tanahnya memiliki tekstur lembek atau berair.

Fondasi ini ditanggung tidak membuat tanah amblas, longsor, atau berubah.

Dari sisi tehnis, fondasi cakar ayam ini dibantu oleh kemampuan yang semakin tinggi serta tidak memerlukan ruang-ruang untuk peningkatan karena impak cuaca.

2. Tidak Perlu Skema Drainase
fondasi ceker ayam

Sesuai keunggulannya yang pertama, kelebihan ini sangat mungkin pembangunan konstruksi serta pada situasi tanah yang lembek sekalinya.

Dengan fondasi cakar ayam, tanah bangunan tak perlu ribet sebab fondasi ini tidak memerlukan skema drainase serta sambungan kembang kusut.

READ  Apartemen Mungil Nuansa Biru Kobalt Bikin Makin Tampak Luar Biasa

Ini berlangsung sebab semua fondasi cakar ayam dibuat dari beton padat yang benar-benar kuat yang tidak mempunyai ruangan untuk drainase.

Keunggulan ini membuat pembuatan konstruksi semakin lebih irit dari sisi material, ongkos, dan waktu penyelesaiannya.

3. Pas Dipakai di Banyak Daerah di Indonesia
Sesuai peruntukan awalannya untuk dipakai di daerah-daerah yang mempunyai tanah lembek, yang banyak di Indonesia.

Oleh karenanya, fondasi cakar ayam benar-benar pas dipakai di beberapa daerah geografis seperti persawahan, pergunungan, wilayah rawa, termasuk juga dataran rendah.

Jangan bingung jika fondasi satu ini benar-benar terkenal serta diadaptasi oleh beberapa perumahan sampai bangunan-bangunan tinggi di Indonesia.

Lebih dari pada itu, kualitas fondasi ini sangat terbukti dengan cara internasional sebab banyak dipakai di beberapa penjuru dunia.

4. Bangunan Jadi Semakin Kuat
Kelebihan fondasi cakar ayam selanjutnya ialah bangunan bertambah kuat walau dibuat di atas tanah yang keadaannya kurang konstan.

Semua karena langkah kerjanya yang benar-benar baik dimana fondasi ini langsung tembus sisi tanah terdalam saat usai dibikin.

Pemakaian beton di keseluruhnya fondasi jelas benar-benar memberikan keuntungan sebab membuat ketahanan fondasi ini makin kuat.

Kekurangan Fondasi Cakar Ayam
Walau populer untuk fondasi yang kuat, namun saja fondasi ini mempunyai beberapa kekurangan yang perlu Anda lihat.

Beberapa kekurangan fondasi cakar ayam salah satunya:

1. Ongkos Pembuatan Semakin Mahal
fondasi ceker ayam

Berkenaan dengan arah awalannya fondasi ini untuk membuat bangunan bertingkat, karena itu automatis ongkos penyelesaiannya juga semakin lebih mahal.

Serta, bila dibanding dengan beberapa macam fondasi konservatif yang lain, ongkos pembuatan fondasi ini masih semakin lebih mahal harga.

Penyababnya, pembuatan fondasi cakar ayam cukup susah dan memerlukan perlengkapan yang hebat dan beberapa bahan yang lumayan banyak.

Contoh kecilnya ialah proses betonisasi pada fondasi ini yang memerlukan bahan banyak.

2. Tidak Pas untuk Bangunan Kecil
fondasi ceker ayam

Arah awal pengerjaan bangunan ini, seperti telah disinggung awalnya, untuk bangunan tinggi atau project infrastruktur yang bertaraf besar.

READ  Yuk Cari Tahu Atasii Atap Dak Beton Bebas Masalah

Oleh karenanya, walau Anda tertarik dengan pamor fondasi cakar ayam ini, tetapi sayangnya tidak pas dipakai untuk rumah kecil.

Faktanya tidak cuma dari sisi bangunannya saja yang kurang pas, tetapi disaksikan dari sisi ongkos serta proses penempatannya memang tidak pas untuk bangunan kecil.

Bila ingin bangun rumah satu lantai, seharusnya pakai saja tipe fondasi yang lain yang semakin ekonomis namun bermutu tinggi.

3. Proses Pengerjaan Cukup Susah
fondasi ceker ayam

Unsur paling akhir jelas juga punya pengaruh, minimal pada waktu pembuatan project konstruksinya.

Fondasi cakar ayam yang kuat serta terbukti ini memanglah bukan dari hasil proses yang gampang serta simpel, tetapi proses dari membuatnya yang cukup susah.

Ini bukan hanya mengisap ongkos produksi yang besar, tetapi punya pengaruh pada molornya pembuatan project yang diinginkan.