Ini Dia Kayu Berkualitas Harga Bersahabat

“Kualitas terjaga, harga juga dapat dijangkau.”
mungkin ini adalah pernyataan yang sangat pas untuk memvisualisasikan kayu multipleks. Material yang diunggulkan oleh beberapa desainer serta arsitek ini, baik untuk bahan fundamen pengerjaan furniture atau konstruksi bangunan, memang mempunyai keunggulan yang lain dengan material kayu olahan yang lain seperti, MDF, blackboard, atau particle board.

Kayu Multipleks, Kayu Bermutu Harga Berteman
Dengan cara kualitas, yaitu dari ketahanan serta kemampuan, kayu multipleks atau plywood dapat menyeimbangi kayu asli, sedang dari sisi harga kayu multipleks semakin lebih dapat dijangkau dibanding dengan kayu asli. Dengan cara estetik, kayu multipleks masih tetap tampilkan pesona kayu yang sama juga dengan kayu asli sebab memang dibuat dari susunan kayu asli.

Jika kamu tertarik memakai kayu multipleks untuk bikin furniture custom, sebaiknya untuk pelajari semakin jauh tentang kayu multipleks. Langsung baca penuturannya berikut ini!
Proses Pemrosesan Kayu Multipleks

Kayu multipleks tersusun dari beberapa lembaran kayu yang direkatkan dengan desakan tinggi. Awalannya tangkai kayu terlebih dulu dilunakkan di mesin uap. Tangkai yang sudah dilunakan selanjutnya dimasukkan ke mesin bubut untuk dipotong jadi susunan atau lembaran-lembaran kayu. Ketebalan setiap lembaran kayunya dapat berlainan, tapi umumnya sekitar 1 sampai 4 mili mtr..
Untuk menguatkan lapisannya, lembaran-lembaran kayu ini ditumpuk bertepatan dengan partikel-partikel kayu. Lem dipakai untuk menyambung tiap lapisannya. Sesudah tumpukan kayu rekat dengan lem baru direkatkan memakai desakan tinggi. Proses berikut yang jadikan kayu multipleks demikian kuat ketahanannya.

Kelebihan Kayu Multipleks
Kuat serta Konstan
Kayu multipleks mempunyai desakan tarik yang tinggi. Ini mengakibatkan susunan penyusunnya tidak gampang tereduksi hingga masih konstan sekalinya menyokong berat atau desakan yang lumayan besar.

Durabilitas Tinggi
Tidak cuma dapat meredam beban yang berat, kayu multipleks tahan pada air, udara lembap, cairan kimia, serta api. Kayu multipleks adalah kayu olahan yang dapat dilapis oleh susunan yang tidak gampang terbakar seperti eternit atau semen fiber.

Untuk Insulator
Kayu multipleks adalah insulator (mempunyai karakter kedap) bangunan yang baik, bagus untuk insulasi termal atau insulasi suara. Untuk insulator termal, kayu multipleks jaga supaya temperatur panas masih bersirkulasi di bangunan. Begitu juga untuk insulator suara, kayu multipleks jaga supaya suara berisik tidak keluar dari ruang.

READ  Bunuh Virus di Rumah dengan Rekomendasi Cat dan Pelapis Ini Yuk

Penampilan Estetis
Walau tidak se-solid kayu asli, kayu multipleks masih tersusun dari susunan kayu asli hingga masih tampilkan goresan kayu asli yang cantik pada permukaannya.
Beberapa jenis Kayu Multipleks
1. Soft wood
Kayu multipleks lunak yang seringkali dipakai untuk bikin furniture interior, seperti kitchen set, kabinet, serta material lantai. Karakternya yang fleksibel membuat seringkali dipakai untuk material penyusun plafon. Kayu multipleks ini mempunyai ketebalan sebesar 1,3 cm sampai 2,5 cm.
2. Hard wood
Susunan kayunya datang dari tangkai kayu yang berbobot yang lumayan besar seperti kayu meranti, ketebalannya semakin besar dari soft wood. Berat kayunya yang semakin berat dan tebal jadikan kayu multipleks tipe hard wood semakin resisten pada kerusakan.
3. Tropical Plywood
Tersusun dari kombinasi susunan kayu dibuat dari beberapa spesies pohon yang ada di teritori Asia, membuatnya mempunyai ketahanan yang semakin sempurna dari kayu multipleks tipe soft wood. Dibuat dengan cara masif di teritori Asia serta Afrika.
4. Eksterior Plywood
Sebab pemakaiannya diutamakan di ruang outdoor, kayu multipleks ini tahan pada panas serta udara lembap hingga dapat dipakai untuk pintu gerbang atau untuk overhang bangunan. Pas diaplikasikan untuk dekorasi interior di ruang yang lembab serta basah, seperti kamar mandi.
5. Kayu Multipleks Dekoratif
Mempunyai penampilan permukaan yang menarik. Susunan multipleksnya datang dari kayu mahoni, kayu jati, atau kayu sungkai. Seringkali dibuat dari kayu import seperti oak tree atau mapple tree. Kayu multipleks tipe ini biasa dipakai untuk wall paneling.

Kualitas Kayu Multipleks
Kualitas kemampuan kayu multipleks dipastikan dari ketebalannya. Dengan meningkatkan tebal lapisannya bermakna kayu multipleks makin kuat. Oleh karena itu, tipe kayu multipleks yang cukup tebal seperti hard wood atau eksterior wood dapat meredam beban yang lumayan besar.
Tetapi, bukan berart kayu multipleks yang semakin tipis dengan cara kualitas ketahanan tidak lebih bagus. Ketebalan lapisannya dibikin tipis untuk tingkatkan tingkat fleksibilitasnya hingga dapat digunakan untuk plafon atau dekor panel kayu.

READ  Kusen Kayu Daur Ulang Kian Diminati

Pilih Kayu Multipleks yang Sesuai dengan
Untuk tentukan kayu multipleks tipe apakah yang akan kamu pakai seharusnya sesuai dengan keperluan pemakaiannya. Apa kamu akan memakai kayu multipleks untuk bahan fundamen pembuat furniture custom, seperti kabinet atau kitchen set, atau untuk dekor.

Bila ingin dipakai untuk dekor exterior, kayu multipleks tipe exterior wood tidak gampang memuai atau mengelupas waktu terserang cuaca berlebihan. Atau kayu multipleks tipe hard wood yang sesuai dengan dipakai untuk material konstruksi seperti kerangka dinding serta lantai.