Ingin Memiliki Rumah Gaya Skandinavia? Berikut Ini Tipsnya

Ada banyak sekali inspirasi interior rumah yang bisa Anda lihat. Mulai dari yang sederhana, unik, antik hingga mewah dan glamor. Jika Anda berniat untuk menata ulang atau merenovasi interior rumah, tidak ada salahnya untuk mencari inspirasi dari internet.
Sebagai referensi, Anda bisa mencoba melirik desain interior Skandinavia.

Desain ini menjadi salah satu yang terpopuler di Indonesia. Ciri khasnya terletak pada penggunaan warna pastel yang lembut dan cokelat muda, dengan dindin putih dan lain sebagainya.

Tertarik untuk mengaplikasikannya pada rumah Anda? Berikut adalah tips menata interior rumah Skandinavia.

Warna utama untuk interior

Interior Skandinavia mempunyai warna utama yang mendominasi ruangan. Warna tersebut ada beberapa macam, yaitu abu-abu muda atau putih, cokelat muda dan putih. Warna tersebut diterapkan pada dinding atau lantai sehingga menghadirkan kesan bersih. Di samping itu ketika memilih furnitur usahakan memilih yang palet warna lembut supaya kesan Skandinavia terjaga.

Pemakaian warna lain

Seperti yang dijelaskan di atas, warna utama desain Skandinavia ada beberapa macam. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya warna lain pada interior Skandinavia. Seperti warna pink lembut untuk sarung bantal, karpet putih dengan garis berwarna biru muda dan lain sebagainya. Hanya saja hindari pemakaian warna neon.

Furnitur esensial

Interior Skandinavia identik dengan furnitur yang esensial. Dalam ruang keluarga biasanya hanya terdapat sofa, meja kopi dan rak. Sedangkan untuk kamar tidur ada ranjang, lemari baju dan meja rias.

Furniturnya sendiri mempunyai desain yang sederhana dan tidak rumit. Dengan begitu ruangan rumah menjadi terlihat lebih lapang. Jika merasa kurang pas, Anda bisa mencoba furnitur multifungsi seperti ottoman yang bisa dipakai sebagai kursi, meja ataupun sandaran kaki.

Menambahkan tekstur

Interior Skandinavia menggunakan tekstur permukaan benda yang tidak licin. Tekstur benda ini diperoleh dari pemakaian seperangkat perlengkapan ranjang berbahan kain linen. Tidak perlu disetrika, biarkan terlihat kusut sehingga memunculkan kesan yang lebih natural. Anda juga bisa menggunakan throw blanket untuk menghias sofa di ruang keluarga berbahan wol atau linen. Sementara furnitur kayu tidak perlu diberi pelapis, cukup biarkan kayu itu apa adanya.

READ  Ragam Pagar Rumah Minimalis yang Kece Buat Rumah Kamu!

Tanaman hijau

Dekorasi utama dalam interior Skandinavia adalah tanaman hijau. Perlu diketahui, interior bergaya Skandinavia mengusung konsep yang natural atau kembali ke alam.
Anda bisa menambahkan tumbuhan hijau di dalam pot yang berukuran kecil. Setelah itu letakkan di atas meja atau sudut ruang.