Definisi dan Jenis-Jenisnya Batuan Metamorf

Kecuali bebatuan sedimen, ada tipe bebatuan yang lain membuat lifosfer, yakni bebatuan metamorf. Bebatuan metamorf adalah bebatuan yang tercipta lewat proses metamorfosisme pada bebatuan yang sudah ada awalnya. Dikutip dari Buku Ajar Pengantar Geologi (2019) kreasi Muhammad Zuhdi, proses metamorfosisme adalah beberapa proses yang mengganti mineral satu bebatuan pada babak padat sebab dampak dari keadaan fisik dan kimia dalam kerak bumi. Proses metamorfosisme kadang tidak berjalan prima hingga perombakan yang berlangsung pada bebatuan asal tidak besar, cuman kesolidan pada bebatuan saja yang berbeda. Sedang proses metamorfosisme yang prima mengakibatkan karakter bebatuan selama tidak nampak kembali. Simak juga: Bebatuan Sedimen: Pengertian, Kategorisasi, dan Karakternya Proses metamorfosisme disebutkan sebagai proses perombakan wujud.

Simak Juga : batu koral

Berarti, bebatuan metamorf adalah dari hasil perombakan satu type bebatuan yang telah ada awalnya. Bebatuan metamorf disebutkan sebagai bebatuan malihan. Salah satunya peranan bebatuan metamorf untuk mengenali temperatur dan desakan yang berlangsung jauh dalam permukaan bumi. Beberapa jenis bebatuan metamorf Dalam buku Modul 2 Geologi Landasan (2019) kreasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, diterangkan jika ada tiga tipe bebatuan metamorf, yakni: Bebatuan metamorf contact Bebatuan metamorf contact ialah tipe bebatuan metamorf yang alami proses metamorfosis selaku akibatnya karena ada temperatur yang tinggi sekali atau selaku akibatnya karena ada rutinitas magma. Salah satunya contoh bebatuan metamorf contact ialah marmer. Marmer terhitung bebatuan malihan dari batu gamping. Simak juga: Pemahaman Litosfer dan Material Pembentuknya Bebatuan metamorf dinamo Bebatuan metamorf dinamo ialah tipe bebatuan metamorf yang alami proses metamorfosis selaku akibatnya karena ada desakan tinggi yang dari tenaga endogen dalam waktu lama. Contoh bebatuan metamorf dinamo ialah batu lumpur (mud stone) jadi batu catat (slate).

Baja Juga : batu gamping

Bebatuan tipe ini banyak diketemukan di wilayah patahan atau lipatan. Bebatuan metamorf contact pneumatolistis Bebatuan metamorf contact pneumatolistis ialah tipe bebatuan metamorf yang alami proses metamorfosis selaku akibatnya karena ada dampak gas-gas yang ada di magma. Dampak gas yang panas itu memunculkan perombakan formasi kimiawi mineral dari bebatuan tipe ini. Contoh bebatuan metamorf contact pneumatolistis ialah batu kuarsa dengan gas borium beralih menjadi turmalin atau semacam permata. Contoh yang lain ialah batu kuarsa dengan gas florium dan berumah jadi topas.

READ  Ini Dia Manfaat Keramik Motif Kayu Percantik Rumahmu