Rahasia Ciptakan Desain Bangunan yang Unik dan Beda

Cukup banyak orang yang menyerahkan design arsitektur bangunan pada layanan arsitek. Faktanya jelas, arsitek mempunyai pengalaman yang oke berkaitan rencana serta perancangan bangunan. arsitek bisa pilih bahan paling baik yang dapat dipakai, sampai hitung kemampuan konstruksi yang cocok. Pertimbangannya semakin lengkap daripada masalah estetik semata.

Walau demikian, ada pula konsumen setia yang tidak memakai layanan arsitek serta pilih untuk tuangkan inspirasi kreatifnya dalam arsitektur. Kecuali mempunyai sentuhan personal, konsumen setia itu ingin memperoleh rasa senang sebab bentuknya penuhi kemauan pribadi. Karena, cukup banyak pula konsumen setia yang sedih dengan hasil akhir sebab bentuknya meleset dari yang dia ingin.

Fakta yang lain? Juga bisa berkaitan anggaran. Dengan membuat design arsitektur yang unik pada bangunan Anda sendiri, tentunya Anda bisa mengirit pengeluaran. Dalam kata lain, Anda masih memakai layanan arsitek untuk menyempurnakan beberapa bagian yang lain. Nah, buat Anda yang tertarik membuat design arsitektur yang unik, ada banyak cara yang dapat diaplikasikan. Baca triknya baik-baik berikut ini.

Mencari Ide Desain Arsitektur

Tidak ada inspirasi yang original, semunya hasil “curian.” Sempat dengar pernyataan ini? Ide ini disampaikan oleh penulis buku “Steal Like An Artist,” Austin Kleon.

Menurut Kleon, semua inspirasi kreatif dibuat dari gabungan beberapa ide yang lain. Dalam kata lain, untuk membuahkan satu inspirasi baru, Anda perlu “mengambil” beberapa ide yang telah ada, menikmatinya dalam kepala Anda, lalu memaksakan otak Anda untuk melahirkan ide dari ide beberapa ide itu. Jika inspirasi ialah kombinasi dari apakah yang Anda kecap. Melihat. Rasa serta dengar.

Demikian pula dalam soal cari inspirasi arsitektur bangunan. Anda memanglah bukan arsitek. Memanglah bukan orang yang memperdalam design rumah serta tempat tinggal yang lain. Tetapi Anda dapat “menghisap” beberapa ide yang sudah ada untuk menyebabkan otak Anda membuahkan ide baru.

Jangan sembarangan “mengambil” design. Anda perlu “mencurinya” dari desain-desain paling baik yang sempat diterapkan. Awalilah memburu design bangunan sekaligus juga memperhatikan detilnya, dari mulai ide, denah, sampai pengaturan rungan. Maksimalkan internet, pameran, serta buku-buku design arsitektur yang unik serta kaya ide.

READ  Beberapa Tugas Yang Dilakukan Oleh Kepala Bangunan

Jangan Takut

Design yang unik bisa dibuat dari uji coba. Contohnya dengan menggabungkan lebih satu ide pada sebuah bangunan. Anda dapat mengawasi beberapa design rumah yang mempunyai ide lebih satu. Minta pendapat pada rekan serta keluarga bila Anda sangsi. Mereka akan memberi input yang menyempurnakan ide design Anda.

Anda dapat juga mengikuti style arsitek Felipe de Castro dalam membuat design arsitektur yang unik. Ia memberikan inspirasi dianya dengan beberapa hal kecil di seputar. Ia sempat membuat design arsitektur bangunan dari stapler, stadion sepak bola dari pemanggang waffle, mall dari design mouse computer, serta design dari hotel eksklusif dari setrika! Felipe makin berani berkreatifitas dengan membuat inspirasi mansion dari USB Flashdisk, komplek perumahan dari kalkulator, gedung berupa spiral dari kaleng yang sudah remuk, sampai ajang atraksi musik yang dibuat dari pembolong kertas.

Hebat kan?

Kalkulasi Ongkos & Kontraktor Bangunan

Sesudah tentukan design arsitektur yang unik sama seperti yang Anda ingin, awalilah hitung pengeluaran yang penting disiapkan. Dibagian ini, Anda dapat minta pertolongan kontraktor bangunan yang semakin pahami perincian ongkos kasarnya.

Bagaimana cari kontraktor yang dapat Anda yakin?

Bila Anda tidak punyai kenalan atau rekan yang dapat mereferensikan kontraktor tepercaya, sewalah kontraktor berdasar portofolionya. Melihat baik-baik bangunan yang sukses dia dirikan. Apa Anda senang dengan stylenya? Apa bangunan-bangunan itu mempunyai persamaan dengan ide yang Anda ingin?

Tiap kontraktor bangunan mempunyai ahliasi semasing. Mereka tidak pakar dalam segala hal. Mengapa? Sebab kekuatan mereka diasah dari pesanan yang mereka terima. Semakin banyak tipe bangunan yang mereka sempat buat, semakin kaya pengalaman si kontraktor. Walau demikian, tiap kontraktor tentu pakar pada beberapa style bangunan, tetapi kurang pada style yang lain.

Untuk contoh, Anda cari desain rumah yang minimalis. Nah, coba perhatikan bangunan-bangunan minimalis yang kontraktor sudah buat. Bila dia benar-benar tidak pernah terjun langsung membuat bangunan minimalis, Anda kemungkinan perlu cari kontraktor bangunan lain yang mempunyai jam terbang membuat bangunan minimalis.

READ  Cara Punya Rumah Idaman Sebelum Umur 25 Tahun