Cara Punya Rumah Idaman Sebelum Umur 25 Tahun

Mempunyai rumah dapat disebut jadi idaman tiap orang. Baik untuk rumah atau investasi. Jika rumah pertama sich biasanya untuk ditempati. Terkecuali rumah ke-2 atau ke-3, umumnya untuk investasi.

Apa saja peruntukkannya, rumah adalah keperluan primer. Tetapi keperluan primer ini sekarang ini makin susah tercukupi karena harga yang tetap naik saban tahun. Kenaikannya lumayan tinggi, serta melewati peningkatan upah.

Contoh awalnya tahun ini, harga rumah di tepian Jakarta masih dibandrol Rp250 juta, tahun kedepan telah melesat jadi Rp300 juta sampai Rp350 juta. Jika ini terus, semakin sulit kan beli rumah, ditambah lagi untuk kamu yang berpenghasilan pas-pasan.

Memang sich kamu dapat manfaatkan sarana Credit Kepemilikan Rumah (KPR) atau Credit Kepemilikan Apartemen (KPA) dari bank atau perusahaan fintech. Namun saja, harus sediakan uang muka atau DP yang lumayan besar.

Bila minimum setoran DP rumah sebesar 30% saja, contoh dari harga Rp300 juta, karena itu kamu harus mempersiapkan uang sejumlah Rp90 juta. Angka yang cukup banyak kan?

Jika gajimu sejumlah Rp 7 juta per bulan, lalu menyisihkan 30% atau Rp 2,1 juta dari upah untuk DP rumah, bermakna untuk capai jumlah Rp 90 juta, kamu harus menabung semasa 43 bulan (tiga tahun 7 bulan). Terburu harga rumah semakin mahal.

Tips Beli Rumah Impian Sebelum 25 Tahun

Itu fakta mengapa kamu jangan lagi tunda beli rumah, kecuali usia terus makin bertambah serta tempat makin sempit. Berikut panduan beli rumah sebelum umur 25 tahun:

1. Tetapkan berapakah harga rumah yang ingin dibeli

Namanya ingin membeli rumah, tentu harus sesuaikan kekuatan finansial. Jika mengikuti kemauan mah, maunya rumah yang besar. Tetapi jika keuangannya tidak sangat mungkin, bermakna rumah simpel saja.

Tetapkan berapakah harga rumah yang ingin kamu membeli sesuai pendapatan. Contohnya gajimu Rp7 juta, kamu dapat ajukan KPR rumah bantuan dari pemerintah yang harga sebesar Rp168 juta (daerah Jabodetabek).

Disamping itu, mendapatkan sarana kemudahan lain, DP mudah seperti suku bunga rendah 5% fixed per tahun serta tenor panjang semasa 20 tahun. Dengan upah Rp7 juta, kamu dapat ajukan KPR bantuan untuk rumah sejahtera rusun. Bila ingin rumah sejahtera tapak, ketentuan upah tidak lebih dari pada Rp4 juta.

READ  Tips Memilih Atap Kanopi Bening untuk Rumah

Jadi, cocokkan harga rumah dengan kekuatanmu kumpulkan setoran DP serta angsuran KPR tiap bulan. Tempat juga umumnya tentukan harga rumah. Untuk pendapat, pilih tempat di tepian Jakarta yang dekat sama akses angkutan umum, seperti kereta api, MRT, LRT, atau bis.

2. Mengumpulkan uang muka atau DP rumah

Sesudah tentukan harga rumah serta anggarannya, step setelah itu action. Mulai dengan menabung, kumpulkan uang muka atau DP rumah. Contohnya usia kamu 22 tahun, ingin membeli rumah bantuan seharga Rp168 juta dengan upah Rp7 juta per bulan.

Setoran DP rumah yang perlu kamu mengumpulkan minimum 15% dari Rp168 juta, bermakna Rp25,2 juta. Bila kamu menyisihkan uang dari upah sebesar 30% atau Rp2,1 juta setiap bulan, bermakna uang DP akan terkumpul dalam tempo 12 bulan (satu tahun) saja.

Itu berarti, kamu bisa ajukan KPR bantuan di umurmu mencapai 23 tahun. Dengan demikian, di umur 25 tahun minimal kamu telah mempunyai rumah dengan angsuran yang sudah berjalan semasa dua tahun.

3. Cari pendapatan penambahan

Bila ingin bertambah cepat melunasi credit rumah, kamu dapat cari pekerjaan sambilan untuk mendapatkan uang penambahan. Pemasukanmu dapat jauh semakin besar, hingga alokasi untuk angsuran KPR diperbesar serta dapat melunasi KPR bertambah cepat.

Jalan yang lain dengan berinvestasi. Investasi pada produk atau instrumen yang rendah efek seperti reksadana serta emas. Kamu dapat memperoleh imbal hasil atau keuntungan dari investasi periode panjang serta bisa dipakai untuk bayar angsuran KPR.

4. Hidup hemat

Jika ingin punyai rumah di umur muda, kuncinya ialah hemat. Sia-sia usaha keras banting tulang cari pendapatan penambahan, bila tidak diimbangi dengan penghematan. Bisa-bisa uang penambahan itu dipakai untuk kepentingan lain yang tidak menekan.

Jadi agar semakin lancar nyicil tempat tinggalnya, serta utang KPR selekasnya lunas, kamu harus hemat. Misalnya pada budget pertunjukan atau selingan, berbelanja di luar keperluan, sampai kurangi jajan atau makan di restoran supaya pengeluaran tidak membesar.

READ  Cara Bijak Menentukan Microwave Sesuai Kebutuhan