BPS Catat Harga Bahan Konstruksi Grosir Turun Akibat Corona

Tubuh Pusat Statistik (BPS) menulis harga grosir bahan konstruksi di Indonesia turun 0,11 % pada Maret 2020. Pengurangan berlangsung sebab kurangnya keinginan ditengah-tengah penebaran epidemi virus corona atau covid-19.

Kepala BPS Suhariyanto menjelaskan ini tercermin dari deflasi Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) Konstruksi Maret 2020. Tertera, deflasi capai 0,11 % dengan cara bulanan, 0,43 % dengan cara tahun berjalan, serta 0,99 % dengan cara tahunan.

“IHPB Konstruksi deflasi sebab pengurangan keinginan semenjak awal tahun. Dengan keinginan yang rendah, karena itu ada pengurangan harga besi beton, aspal, semen, serta batu split,” papar Suhariyanto, Rabu (1/4).

Dengan cara detil, deflasi berlangsung di semua barisan bangunan konstruksi. Barisan bangunan rumah serta bukan rumah deflasi 0,06 % serta barisan pekerjaan umum untuk pertanian minus 0,05 %.

Simak Juga : harga besi beton

Selanjutnya, barisan bangunan pekerjaan umum untuk jalan, jembatan, serta dermaga deflasi 0,22 %, barisan bangunan serta instalasi listrik, gas, air minum, serta komunikasi minus 0,02 %, serta barisan bangunan yang lain minus 0,06 %.

Sebaliknya, tingkat harga grosir barang customer alami peningkatan harga 0,1 %, Tingkat inflasi ini searah dengan peningkatan harga pada tingkat eceran yang terekam di Indeks Harga Customer (IHK).

“Pemicunya ialah inflasi di bidang pertambangan penggalian, walau dari bagian peran yang besar ialah industri,” katanya.

Dengan cara detil, inflasi IHPB sebesar 0,1 % dengan cara bulanan, 0,62 % dengan cara tahun berjalan, serta 1,76 % dengan cara tahunan. Peran inflasi datang dari bagian industri 0,17 % dengan inflasi 0,21 %.

Melihat :Langkah Memperoleh Listrik Gratis PLN Buat Masyarakat Miskin
Sesaat bagian pertambangan serta penggalian alami inflasi 0,66 % dengan peran 0,01 %. Sedang bagian pertanian malah deflasi 0,39 % dengan peran minus 0,08 %.

Baca Juga : harga kayu

“Di pertanian banyak pengurangan harga komoditas, contohnya cabai merah, bawang putih, kelapa sawit, ayam ras. Sebaliknya, industri ada inflasi dari gula pasir, gula merah, serta mie instant,” tuturnya.

Awalnya, BPS meluncurkan inflasi IHK sebesar 0,1 % pada bulan ini. Bantuan inflasi paling besar datang dari harga emas yang bertambah di pasar internasional.

READ  Harga TV LED LG Tetap Stabil Walaupun ada Pandemi Corona

“Penyumbangnya ialah inflasi harga emas 0,05 %,” tuturnya.