Agar Tak Salah Pilih, Yuk Kenali Jenis Kabel Listrik di Sekitar Kita

Kabel listrik adalah elemen yang tidak dapat terlepas dari tiap pekerjaan kita setiap hari. Dari mulai hidupkan lampu, pemenuhan daya HP, hidupkan benda elektronik, sampai pekerjaan di dapur. Ini sebab peranan penting dari kabel listrik untuk penghantar listrik.

Bila kita lihat sepintas, semua kabel listrik yang berada di seputar kita akan nampak sama. Walau sebenarnya beberapa jenis kabel listrik benar-benar bermacam. Jumlahnya tipe kabel ini sesuai dengan kepentingan. Janganlah sampai Anda salah beli tipe kabel, sebab dapat menyebabkan fatal.

Berdasar tegangannya, kabel listrik dibagi jadi tiga, yakni kabel listrik tegangan rendah, tegangan menengah, serta tegangan tinggi. Fisik dari kabel listrik dipisah jadi dua, yakni isolator serta konduktor.

Isolator ialah sisi pembungkus kabel yang tidak menghantarkan listrik. Umumnya isolator ini dibuat berbahan termoplastik. Sedang konduktor ialah sisi kabel yang berperan untuk menghantarkan saluran listrik. Sisi ini umumnya dibikin dari tembaga atau alumunium. Di bawah ini beberapa jenis kabel listrik yang penting Anda kenali.

NYA serta NYM
1. NYA
Beberapa jenis kabel listrik yang pertama ialah tipe NYA. Tipe kabel listrik ini dipakai dalam instalasi rumah serta skema tenaga. Dalam instalasi rumah biasa memakai kabel NYA dengan ukuran 1,5 mm2 serta 2,5 mm2.

Tipe kabel NYA dilapis bahan isolasi PVC dengan code warna isolasi berwarna merah, kuning, biru, serta hitam. Tipe kabel listrik ini umum dipakai di perumahan sebab harga yang relatif murah.

Kabel ini seharusnya terpasang dalam pipa/conduit tipe PVC atau aliran tertutup supaya tidak jadi target gigitan tikus. Disamping itu, bila isolasi pada kabel mengelupas, tidak tersentuh langsung oleh orang.

2. NYM
Beberapa jenis kabel listrik yang ke-2 ialah NYM. Tipe kabel listrik ini seringkali dipakai untuk kabel instalasi listrik pada rumah atau gedung serta skema tenaga. Tipe kabel listrik NYM mempunyai susunan isolasi PVC yang umumnya memiliki warna putih atau abu-abu. Tipe kabel ini ada yang berinti 2, 3 atau 4.

READ  Pilihan Terbaik Harga Cat Tembok Murah Dan Berkualitas

Kabel NYM mempunyai dua susunan isolasi, hingga tingkat keamanannya lebih bagus dari kabel NYA. Tipe kabel listrik ini bisa dipakai di lingkungan yang kering serta basah, tetapi jangan ditanam.

NYY serta NYAF
3. NYY
Beberapa jenis kabel listrik yang ke-3 ialah tipe NYY. Tipe kabel listrik ini dipakai untuk instalasi masih di tanah dimana tetap harus diberi perlindungan spesial yang dapat berbentuk duct, pipa PVC atau pipa besi.

Instalasi kabel ini dapat diletakkan di serta di luar ruang, pada keadaan lembab atau kering. Tipe kabel ini mempunyai susunan isolasi PVC yang umumnya memiliki warna hitam, serta berinti 2, 3 atau 4.

4. NYAF
Beberapa jenis kabel listrik yang selanjutnya ialah tipe kabel NYAF. Tipe kabel ini direferensikan untuk instalasi dalam kabel kotak distribusi pipa atau di duct. Kabel NYAF adalah tipe kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC.

Sebab tipe kabel ini fleksibel, kabel tipe ini pas terpasang dalam tempat yang memiliki belokan-belokan tajam. Tipe kabel listrik ini dipakai pada lingkungan yang kering serta tidak pada keadaan yang lembab/basah, atau yang terserang impak cuaca dengan cara langsung.

NYFGbY serta NYCY
5. NYFGbY /NYRGbY/NYBY
Beberapa jenis kabel listrik yang setelah itu tipe kabel NYFGbY. Tipe kabel listrik ini dibikin spesial untuk instalasi masih di tanah yang ditanam langsung tanpa ada membutuhkan perlindungan penambahan. Tetapi bila penempatan harus seberangi jalan, dapat ditambah lagi perlindungan lain.

6. NYCY
Beberapa jenis kabel yang selanjutnya ialah tipe NYCY. Tipe kabel listrik ini direncanakan untuk jaringan listrik penghantar konsentris di tanah, dalam ruang, aliran kabel serta alam terbuka. Tipe kabel ini dilapis dengan dua lapis pelindung pita kabel. Instalasi kabel ini dapat diletakkan di luar atau di bangunan, baik pada situasi lembab atau kering.

AAAC serta ACSR
7. AAAC
Beberapa jenis kabel yang setelah itu tipe kabel AAAC. Tipe kabel listrik ini dibuat dari aluminium-magnesium-silicon kombinasi logam. Kabel ini umumnya dibikin dari gabungan aluminium 6201. Tipe kabel AAAC mempunyai karakter yang anti karat serta kemampuan yang baik, hingga daya hantarnya juga lebih bagus.

READ  Ini Alasan Warga Adukan Pabrik Bata Ringan ke DPRD Loteng

8. ACSR
Tipe kabel listrik ACSR adalah kawat penghantar yang terbagi dalam aluminium berinti kawat baja. Tipe kabel ini mempunyai daya tarik yang tinggi hingga dapat dipakai untuk saluran-saluran transmisi bertegangan tinggi, dimana kabel ini ditempatkan di menara/tiang yang jaraknya berjauhan sampai beberapa ratus mtr..

NYMHYO serta NYMHY/NYYHY
9. NYMHYO
Tipe kabel listrik NYMHYO adalah tipe kabel serabut yang berintikan dua serabut. Kabel ini umumnya dipakai untuk soundsystem, loudspeaker, serta virtual video. Kabel NYMHYO tidak dibuat untuk instalasi listrik dengan tegangan besar serta pemakaiannya cuma untuk di ruang.

10. NYMHY/NYYHY
Tipe kabel listrik yang terkahir ialah NYMHY/NYYHY. NYMHY berwarna putih serta NYYHY berwarna hitam. Tipe kabel ini umumnya dipakai untuk instalasi di rumah yang tidak permanen, sebab karakternya yang fleksible serta tidak gampang patah.

Kabel tipe ini spesial direferensikan untuk penghubung beberapa alat rumah tangga yang seringkali dipindahkan geser serta harus dalam tempat kering. Kabel ini memiliki isolasi plastic tahan panas sampai 85 derajat celcius.