A Heritage to Treasure Buku Baru dari Mowilex

*Satu tahun sesudah peluncuran buku, Mowilex keluarkan versus elektronik buku yang berjudul “Balinese Woodcarving: A Heritage to Treasure”, yang bercerita tentang keunikan pengrajin seni ukir kayu Bali, terbitan tahun 2019. Untuk sisi dari loyalitas Mowilex untuk ikut melestarikan budaya serta seni Bali.

*Dalam buku ini ada narasi tentang karya seni beberapa pakar, ide mereka, dan tradisi-tradisi yang diwariskan dengan cara turun-temurun semasa beratus-ratus tahun yang dapat kita dalami.

*Buku ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wacana, dan mengilhami beberapa seniman, penggemar seni, kolektor seni, desainer, serta siapa saja yang tertarik dengan Bali atau kerajinan seni ukir kayu Bali.

*Para pakar yang diperlihatkan dalam buku ini adalah beberapa legenda seni yang berpusat di seputar Ubud.

cat mowilex

BALI, sidaknews.com – Tahun kemarin, PT Mowilex Indonesia (Mowilex) sudah menggenggam teguh pada loyalitas untuk turut melestarikan warisan seni Bali dengan mengeluarkan satu buku yang berjudul “Balinese Woodcarving – A Heritage to Treasure”.

Buku ini, yang disunting oleh pakar riwayat seni, kurator seni, serta penulis Cesare Biasini Selvaggi, awalnya sempat dikeluarkan dalam satu acara di Agung Rai Museum of Art (ARMA) Gallery and Museum di Ubud, Bali. Di kesempatan itu, buku itu cuma dikasih ke beberapa seniman, ke galeri seni, dan museum. Beberapa eksemplar disumbangkan ke beberapa perpustakaan.

Tahun ini di hari peringatan peluncuran buku “Balinese Woodcarving: A Heritage to Treasure” Mowilex mengeluarkan kembali lagi buku ini dalam versus digital book yang bisa didownload dengan gratis lewat web mowilex

“Buku ini sudah disediakan serta ditelaah dengan benar-benar jeli. Tapi, buku ini dikeluarkan tidak untuk dipasarkan, serta peredarannya juga terbatas. Kami berasa jika saat ini ialah saatnya untuk bagikan buku ini pada semua yang tertarik dengan kebudayaan serta kesenian Bali,” papar Anna Wibowo, Chief Pemasaran Officer Mowilex.

“Buat mereka yang ada di dalam rumah, dimana juga anda ada, ini adalah peluang baik untuk memahami suatu hal yang lain, serta kami benar-benar bahagia bisa tawarkan buku ini untuk didownload dengan cara digital dalam berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris, untuk siapa saja yang tertarik,” ia imbuhkan.

READ  Yuk Intip Teknik Airbrush pada Layangan 'Celepuk'

“Mencari Warisan Seni Ukir Kayu Bali”. Buku ini bercerita tentang beberapa seniman serta pengrajin yang semangat untuk melestarikan seni ukir kayu, asli dari Bali. Beberapa seniman ini adalah pakar yang legendaris dari dunia seni kerajinan ukir kayu. Mowilex, produsen beberapa produk wood stain serta cat premium semenjak 1970, ikut juga semangat serta memiliki komitmen untuk turut melestarikan seni ukir kayu Bali.

cat avian

“Kami benar-benar bangga jika beberapa pengrajin Bali sudah meyakini perlindungan, penghiasan, serta perawatan karya mereka dengan produk wood stain Mowilex lebih dari 1/2 era,” kata CEO Mowilex Niko Safavi.

“Nilai dari satu karya seni bukan pada bahan fundamen yang dipakai, tapi dalam karya serta imajinasi si seniman. Nilai uang dari produk serta bahan fundamen yang dipakai pada suatu karya seni yang besar tidak relevan serta bukan jadi permasalahan buat beberapa seniman. Saat beberapa seniman membuat satu karya yang berharga beberapa ribu dolar, mereka tidak mengirit uang. Mereka ingin yang paling baik,” lebih Niko. “Kami tetap berasa benar-benar terhormat saat mereka pilih beberapa produk kami.”

Kerajinan seni ukir kayu Bali tangkap nilai-nilai spiritual serta budaya lokal yang membuat pulau itu diketahui oleh penjuru dunia.

“Seni serta spiritualitas adalah sisi yang integral serta tidak dipisahkan dari agama Hindu serta kebudayaan Bali. Design rekayasa dari satu mahakarya memvisualisasikan nilai-nilai sakral, yang dihargai oleh kesemua orang,” kata perwakilan dari Penglisir, Bendesa Pakraman, Keluarga Kerajaan Ubud. Dengan buku ini, kesemua orang dapat memperoleh pemahaman tentang kesenian serta kebudayaan Bali yang semakin dalam.

“Proses pengerjaan buku ini mengikutkan beberapa pakar dari beberapa bagian dan ada beberapa foto yang indah didalamnya. Edisi hardcover diciptakan oleh pembuat buku seni populer asal Italia, Carlo Cambi Editore. Ini hari, kami bahagia bisa bagikan buku ini dengan cara digital lewat situs situs kami,” kata Niko Safavi. Beberapa karya oleh beberapa seniman yang ada dalam buku sudah menghiasi istana-istana kepresidenan, museum, galeri seni, dan rumah beberapa kolektor seni.

READ  Tips Aplikasikan Cat Minyak Untuk Tembok

“Jangan kita lupa jika mata pencarian beberapa seniman serta keluarga mereka bergantung pada karya yang mereka buat. Epidemi yang sedang menempa kita sekarang ini sudah bawa efek besar yang negatif pada perekonomian di Bali, yang sejumlah besar ialah dari pariwisata. Kami tetap berupaya untuk cari kesetimbangan di antara pelestarian nilai-nilai serta adat seni ukir kayu Bali dan nilai komersil dari karya si seniman,” kata pakar seniman seni ukir kayu Bali legendaris I Made Ada yang populer dengan ukiran kayu garuda karyanya.

Beberapa produk Mowilex sudah dibikin dengan beberapa bahan fundamen bermutu tinggi, meskipun aslinya diperuntukkan untuk konstruksi serta pelapisan industrial, jadi pilihan pertama beberapa seniman seni ukir kayu Bali, seniman mural, dan beberapa seniman yang lain. “Kami berharap bisa kembali pada situasi normal serta kemungkinan buku ini bisa memberikan inspirasi beberapa orang untuk berkunjung ke Bali, lihat galeri-galeri seni, serta berjumpa dengan beberapa seniman dengan cara langsung.”

Tentang PT Mowilex Indonesia

PT Mowilex Indonesia ialah produsen paling depan cat serta pelapis premium. Beberapa produk Mowilex pertama-tama dikeluarkan di tahun 1970 serta perusahaan sudah terima beberapa penghargaan sepanjang tahun. Perusahaan manufaktur ini sudah jadi pelopor dalam perubahan praktik yang aman buat lingkungan dari hari pertama, dengan jadi perusahaan yang menghasilkan cat memiliki bahan fundamen air pertama di Indonesia.

PT Mowilex Indonesia mempunyai riwayat panjang dalam jalankan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility) serta memiliki komitmen untuk melestarikan serta membuat perlindungan lingkungan. Di tahun 2019, PT Mowilex Indonesia jadi perusahaan manufaktur pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi netral karbon (carbon neutral).